Langsung ke konten utama

From COST CENTRE to REVENUE CENTRE

Revenue dan cost selalu menjadi isu hangat CEO Perusahaan hal ini terkait dengan keberlanjutan bisnis yang di jalankan.

Idealnya aset yang dimiliki 70% menghasilkan revenue baik fasilitas maupun people sementara 30% merupakan cost yang harus ditanggung perusahaan.

Dibanyak perusahaan komposisi ini tidak tercapai dimana cosr centre nya lebih dominan dari revenue centrenya khususnya perusahaan yang beroperasi dengan monopoli pasar.

Teknologi dan traffic pelanggan sangat membantu banyak perusahaan merubah cost centre menjadi revenue centre.

Atas bantuan teknologi mesin ATM bank yang dulunya cost centre dan hanya untuk 1 layanan yaitu pengambilan uang berubah menjadi revenue centre dimana ATM juga berfungsi untuk multi pembayaran.

Malah salah satu bank memperoleh ratusan milyar dari fee transaksi multi pembayaran via atm ini.

Mesin kasir alfamart tidak lagi cost centre tapi sudah menjadi revenue centre setelah menerima ragam pembayaran dan pembelian secara elektronic.

Di rumah sakit di era JKN selain menerima tsunami pasien juga hadir berlipat jumlahnya dari pasien yaitu orang sehat. Jika 1 hari ada 1000 pasien dan 1 pasien diantar 4 orang maka dalam sehari rumah sakit di kunjungi oleh 1000 pasien dan 4000 orang sehat.

Kehadiran orang sehat dirumah sakit menjadi peluang tersendiri bagi manajemen untuk menghadirkan layanan bagi orang sehat.

Semisal. Unit Gizi yang merupakan cost centre dapat dikembangkan menjadi revenue centre dengan membuka layanan bagi orang sehat yang berada di poliklinik dan rawat inap melalui layanan makanan sehat.

Tentu bagi orang sehat ini menjadi nilai tersendiri bisa mencicipi makanan rumah sakit untuk orang sehat.

Di salah satu rumah sakit hal ini sudah mendatangkan omzet 100 milyar hanya dari kelola kantin sehat saja per tahunnya.

Tentu banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk merubah COST CENTRE menjadi REVENUE CENTRE.

Hal ini akan sangat membantu dalam peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi PILIHAN TERBAIK dimata PELANGGAN

Pelayanan sejatinya menghadirkan empati kepada pelanggannya. Yang membedakan pelayanan yang diberikan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya adalah di soal empati. Bagaimana melihat level empati yang diberikan kepada pelanggan setidaknya dapat dilihat dari sejauh mana  perusahaan menghadirkan kondisi kondisi dibawah ini secara lebih baik memenuhi ekspetasi pelanggan : Kenyamanan pelanggan selama mengikuti proses pelayanan. kebersihan area pelayanan. keberaturan area pelayanan dengan hadirnya sig in atau petunjuk arah salahsatunya. ketersediaan stock yang dibutuhkan selama proses pelayanan. knowledge and update layanan terbaru yang secara simultan dihadirkan kepada pelanggan. people yang kompeten, komunikatif dan mampu menyelesaikan komplain pelanggan. process yang make everything simple. pre, in & post service kepada pelanggan berbasis Customer Journey. Semisal di rumah sakit, LAYANAN berbasis EMPATHY diatas menjadi hal yang harus dijaga keberla

Ketik SATU JARI, emang BISA?

Kecepatan eksekusi dibutuhkan dalam lingkungan perusahaan tidak terkecuali di soal administrasi. Dokumen menjadi bagian yang tidak terlepas dari proses administrasi termasuk di dalamnya dalam hal penyusunan surat menyurat dan buat laporan. Mengetik menjadi ritual yang tidak bisa dielakan dalam mengerjakan hal diatas oleh karenanya diperlukan kemampuan teknis yang handal. Namun beda level beda kemampuan teknis yang dibutuhkan. Untuk level staf dibutuhkan kemampuan ngetik 10 jari Tapi untuk level leader dibutuhkan kemampuan ngetik 1 jari untuk membereskan segala dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan perusahaan. SOP nya jika ada banyak dokumen yang harus disiapkan : 1. naikan telunjuknya, 2. amati staf yang akan dijadikan sasaran,  3. arahkan telunjuk Ke staf yang jadi sasaran dan 4. biarkan kemampuan 10 jari staf yang MENYELESAIKANNYA.

IDE lahir dari KETIDAKNYAMANAN

Perusahaan dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya dalam melayani pelanggan memerlukan banyak dukungan tidak terkecuali sdm yang terlibat. Bentuk kontribusi yang nyata adalah ide kreatif yang bersumber dari sdm internal perusahaan dalam segala aspek baik lahirnya produk baru maupun cara delivery produk kepada pelanggan. Bagaimana IDE bisa lahir dari sdm internal tentunya banyak pemicunya satu diantaranya adanya RASA TERANCAM dengan hadirnya kompetitor perusahaan. Adanya rasa ini melahirkan sebuah ketidaknyaman di internal perusahaan untuk selalu melakukan terobosan terobosan baru agar perusahaan selalu eksis dalam melayani pelanggannya. Oleh karenanya do intelijen perlu dilakukan kepada perusahaan lain yang dianggap kompetitor dan hasilnya di share ke seluruh sdm internal perusahaan. Cara ini efektif untuk membangun keresahan di sdm internal untuk melakukan do the best dalam melayani pelanggannya. Selain melakukan intelijen ke perusahaan kompetitor cara lain ad