Pelanggan perusahaan terdiri dari 2 yaitu pelanggan internal yaitu seluruh staf dan pelanggan eksternal adalah Pelanggan baru dan pelanggan loyal.
3 hal yang dibutuhkan oleh pelanggan adalah hasil akhir yang berkualiatas dan tidak menunggu lama dan harga yang terjangkau.
Saya akan share tentang masalah pelanggan internal yaitu staf perusahaan.
Dalam aliran proses internal perusahaan ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu next process is our customer dan kecepatan pelayanan terdapat di titik yang PALING LAMBAT.
Kesadaran akan 3 hal diatas belum terbangun karena banyak yang mengira bahwa pelanggan perusahaan itu hanya pelanggan eksternal saja sementara staf tidak didefiniskan sebagai pelanggan.
Oleh karenanya seringkali banyak masalah terkait pelayanan kepada pelanggan internal satu pemicunya adalah panjangnya jalur birokrasi, sampai pernah ada yang bilang Birokrasi disini kaya Jalur KELOK 1000 pak.
Birokrasi baik sebagai alat control namun yang sering dipersoalkan adalah waktu tunggu hasilnya.
Sudah jadi rahasia umum kalau ditanya semisal sebuah surat keputusan yang menyangkut seorang staf jawabnya SEDANG DI PROSES tapi entah prosesnya sudah dimana.
Dalam kasus ini kadang yang paling mudah dijadikan tersangka lamanya proses adalah Direksi padahal belum tentu juga di direksi. Hehe.
Namun ada yang tidak pernah diperhatikan adalah selain birokrasi yang panjang lokasi office yang berjauh jauhan antara pihak yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan.
Hal ini menambah panjang waktu tunggu karena melibatkan kurir dan sekretaris di setiap pihak yang harus memaraf atau menandatangani.
Oleh karenanya dalam pendekatan improvement proses disebutkan jika satu mata rantai proses yang masif melibatkan para pihak dan posisinya berjauhan maka para pihak harus di dekatkan.
Oleh karenanya di banyak kantor modern konsep OPEN OFFICE menjadi satu solusi untuk memperpendek waktu pelayanan kepada internal pelanggan yaitu staf perusahaan.
Di OPEN OFFICE semua pihak yang terlibat berdekatan dan sering bertemu dan secara otomatis dalam waktu lama akan terbangun respect satu sama lain dan akan mulai terbangun bahwa Next procesa is our customer.
Komentar
Posting Komentar