Langsung ke konten utama

Manajemen RING TINJU

Kinerja Manajemen Perusahaan khususnya pelayanan publik baik dan tidaknya dapat tergambar dari kecepatan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya. 

Semakin cepat pelayanan yang diberikan maka boleh dikatakan manajemen bekerja sangat baik.

Sebaliknya jika makin lambat pelayanan kepada pelanggan maka makin dapat diindikasikan ada masalah dalam manajemennya.

Semisal rumah sakit, jika kita bandingkan 2 rumah sakit yang berbeda dengan jenis pelayanan yang sama maka kita akan melihat adanya kecepatan yang berbeda dalam melayani pasiennya khususnya di poliklinik.

kecepatan pelayanan ini dibutuhkan di era JKN saat ini dalam menghadapi lonjakan kunjungan pasien yang signifikan jumlahnya.

Mengapa rumah sakit A dapat dengan cepat melayani, karena para pihak yang terlibat dalam proses internal membangun manajemen berbasis energi dan sinergi untuk menghadirkan pelayanan yang lebih baik.

Energi adalah kemampuan yang dimiliki setiap individu dan sinergi adalah kolaborasi antar kemampuan yang dimiliki tiap individu untuk saling menguatkan saling bahu membahu dalam menyelenggarakan kecepatan pelayanan yang lebih baik.

Mengapa rumah sakit B pelayanannya lebih lamban dari rumahsakit A hal ini karena tidak terciptanya sinergi berbasis energi diatas dan malah cenderung saling mempertahankan ego dan merasa dirinya lebih penting dari yang lain.

Alhasil rumah sakit A dapat melayani pasien dengan cepat dan banyak. Dan rumah sakit B lebih lambat dan sedikitdan celakanya jikahal ini di ungkap kepermukaan yang terjadi adalah main SALAH SALAHAN dan CUBIT CUBITAN.

diperparah lagi jika hal ini tidak segera di akhiri akan terjadi sebuah pola manajemen RING TINJU yang akan membawa kondisi masing masing yang bertikai pada kondisi KO. TKO dan SERI dan tentunya akan melahirkan untuk saling balas dikemudian hari.

Dan dalam kondisi manajemen yang demikian hanya satu orang yang mampu melerainya yaitu wasit tinju dan itu direkrut dari luar ring tinju artinya dari luar perusahaan.

Sudah saatnya manajemen RING TINJU diakhiri dan masuk pada babak baru menjadi manajemen yang MENYENANGKAN dan PENUH dengan KEJUTAN bagi para anggotanya.

Dalam kondisi ini ide ide kreatif akan keluar dengan sendirinya dari banyak individu yang sudah menahun bekerja disana.

Dapatkan INSPIRASI lainnya hanya di buku TURBULENSI JAMANNOW katapak NAW.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi PILIHAN TERBAIK dimata PELANGGAN

Pelayanan sejatinya menghadirkan empati kepada pelanggannya. Yang membedakan pelayanan yang diberikan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya adalah di soal empati. Bagaimana melihat level empati yang diberikan kepada pelanggan setidaknya dapat dilihat dari sejauh mana  perusahaan menghadirkan kondisi kondisi dibawah ini secara lebih baik memenuhi ekspetasi pelanggan : Kenyamanan pelanggan selama mengikuti proses pelayanan. kebersihan area pelayanan. keberaturan area pelayanan dengan hadirnya sig in atau petunjuk arah salahsatunya. ketersediaan stock yang dibutuhkan selama proses pelayanan. knowledge and update layanan terbaru yang secara simultan dihadirkan kepada pelanggan. people yang kompeten, komunikatif dan mampu menyelesaikan komplain pelanggan. process yang make everything simple. pre, in & post service kepada pelanggan berbasis Customer Journey. Semisal di rumah sakit, LAYANAN berbasis EMPATHY diatas menjadi hal yang harus dijaga keberla

Ketik SATU JARI, emang BISA?

Kecepatan eksekusi dibutuhkan dalam lingkungan perusahaan tidak terkecuali di soal administrasi. Dokumen menjadi bagian yang tidak terlepas dari proses administrasi termasuk di dalamnya dalam hal penyusunan surat menyurat dan buat laporan. Mengetik menjadi ritual yang tidak bisa dielakan dalam mengerjakan hal diatas oleh karenanya diperlukan kemampuan teknis yang handal. Namun beda level beda kemampuan teknis yang dibutuhkan. Untuk level staf dibutuhkan kemampuan ngetik 10 jari Tapi untuk level leader dibutuhkan kemampuan ngetik 1 jari untuk membereskan segala dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan perusahaan. SOP nya jika ada banyak dokumen yang harus disiapkan : 1. naikan telunjuknya, 2. amati staf yang akan dijadikan sasaran,  3. arahkan telunjuk Ke staf yang jadi sasaran dan 4. biarkan kemampuan 10 jari staf yang MENYELESAIKANNYA.

IDE lahir dari KETIDAKNYAMANAN

Perusahaan dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya dalam melayani pelanggan memerlukan banyak dukungan tidak terkecuali sdm yang terlibat. Bentuk kontribusi yang nyata adalah ide kreatif yang bersumber dari sdm internal perusahaan dalam segala aspek baik lahirnya produk baru maupun cara delivery produk kepada pelanggan. Bagaimana IDE bisa lahir dari sdm internal tentunya banyak pemicunya satu diantaranya adanya RASA TERANCAM dengan hadirnya kompetitor perusahaan. Adanya rasa ini melahirkan sebuah ketidaknyaman di internal perusahaan untuk selalu melakukan terobosan terobosan baru agar perusahaan selalu eksis dalam melayani pelanggannya. Oleh karenanya do intelijen perlu dilakukan kepada perusahaan lain yang dianggap kompetitor dan hasilnya di share ke seluruh sdm internal perusahaan. Cara ini efektif untuk membangun keresahan di sdm internal untuk melakukan do the best dalam melayani pelanggannya. Selain melakukan intelijen ke perusahaan kompetitor cara lain ad