Langsung ke konten utama

Change : NOW or NEVER

Ketika melihat Kinerja Perusahaan pada posisi negatif dimana cost lebih besar dari pendapatan semuanya hanya bisa KAGET KAGETAN dan CUBIT CUBITAN.
.
.
Kaget seperti tidak menerima kenyataan bahwa kinerjanya negatif dan cubit cubitan mulai main salahsalahan.

Padahal ketika menunjuk 1 jari ke orang lain maka 4 jari menunjuk kejarinya sendiri.

Artinya dirinya punya kontribusi terhadap keadaan yang terjadi dengan alasan apapun tinggal seberapa besar kontribusi kesalahan yang dilakukannya.

Sudah jadi rahasia umum di banyak perusahaan pasukan comfort zone squadron mendominasi pasukan perusahaan apalagi di perusahaan yang berbau monopoli pasar.

Namun demikian turbulensi bisnis mengintai setiap saat baik dari aspek regulasi, pelanggan, karyawan, pemasok dan kompetitor.

Sehingga ketika perusahaan kena turbulensi dan mulai oleng di perusahaan yang zona nyamannya dominan merespon bukan dengan bersatu dan melawan keadaan namun kebanyakan menyelamatkan diri masing masing.

Dalam kondisi zona nyaman yang dominan yang terjadi adalah orang lebih senang berkumpul di unit unit terkecil dibandingkan berkumpul memikirkan nasib perusahaan kedepan.

So, bagaimana mensikapi turbulensi yang menghantam perusahaan disaat perusahaan di dominasi oleh comfort zone?

Banyak referensi perusahaan yang berhasil bertransformasi dari perusahaan monopoli menjadi yang tahan turbulensi.

POS. PEGADAIAN. BRI dan sederet perusahaan plat merah lainnya menjadi contoh bagaimana perusahaan yang berhasil bertransformasi menjadi perusahaan yang agile terhadap perubahan eksternal.

Kepemimpinan yang MELAYANI,  transformasi BUDAYA dan perbaikan sistem bisnis menjadi 3 kekuatan baru yang dijalankan secara pararel.

Pemimpin hadir ditengah pegawai everyday dan banyak memberi kejutan dan kegembiraan, cara kerja baru dibangun berbasis kepada nilai2 pelayanan prima kepada pelanggan internal maupun eksternal dan system kerja dibangun untuk mendukung aliran proses yang efektif dan efisiendalam menghadirkan pelayanan kepada pelanggan.

Proses yang efektif dan efisien dibutuhkan sebagai respon keinginan pelanggan yang menginginkan hasil layanan yang berkualitas dan waktu yang wajar.

Turbulensi setiap saat mengintai persoalannya sadar kah elemen perusahaan dengan kondisi ini.

Pilihannya hanya satu, CHANGE : NOW or NEVER

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi PILIHAN TERBAIK dimata PELANGGAN

Pelayanan sejatinya menghadirkan empati kepada pelanggannya. Yang membedakan pelayanan yang diberikan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya adalah di soal empati. Bagaimana melihat level empati yang diberikan kepada pelanggan setidaknya dapat dilihat dari sejauh mana  perusahaan menghadirkan kondisi kondisi dibawah ini secara lebih baik memenuhi ekspetasi pelanggan : Kenyamanan pelanggan selama mengikuti proses pelayanan. kebersihan area pelayanan. keberaturan area pelayanan dengan hadirnya sig in atau petunjuk arah salahsatunya. ketersediaan stock yang dibutuhkan selama proses pelayanan. knowledge and update layanan terbaru yang secara simultan dihadirkan kepada pelanggan. people yang kompeten, komunikatif dan mampu menyelesaikan komplain pelanggan. process yang make everything simple. pre, in & post service kepada pelanggan berbasis Customer Journey. Semisal di rumah sakit, LAYANAN berbasis EMPATHY diatas menjadi hal yang harus dijaga keberla

Ketik SATU JARI, emang BISA?

Kecepatan eksekusi dibutuhkan dalam lingkungan perusahaan tidak terkecuali di soal administrasi. Dokumen menjadi bagian yang tidak terlepas dari proses administrasi termasuk di dalamnya dalam hal penyusunan surat menyurat dan buat laporan. Mengetik menjadi ritual yang tidak bisa dielakan dalam mengerjakan hal diatas oleh karenanya diperlukan kemampuan teknis yang handal. Namun beda level beda kemampuan teknis yang dibutuhkan. Untuk level staf dibutuhkan kemampuan ngetik 10 jari Tapi untuk level leader dibutuhkan kemampuan ngetik 1 jari untuk membereskan segala dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan perusahaan. SOP nya jika ada banyak dokumen yang harus disiapkan : 1. naikan telunjuknya, 2. amati staf yang akan dijadikan sasaran,  3. arahkan telunjuk Ke staf yang jadi sasaran dan 4. biarkan kemampuan 10 jari staf yang MENYELESAIKANNYA.

IDE lahir dari KETIDAKNYAMANAN

Perusahaan dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya dalam melayani pelanggan memerlukan banyak dukungan tidak terkecuali sdm yang terlibat. Bentuk kontribusi yang nyata adalah ide kreatif yang bersumber dari sdm internal perusahaan dalam segala aspek baik lahirnya produk baru maupun cara delivery produk kepada pelanggan. Bagaimana IDE bisa lahir dari sdm internal tentunya banyak pemicunya satu diantaranya adanya RASA TERANCAM dengan hadirnya kompetitor perusahaan. Adanya rasa ini melahirkan sebuah ketidaknyaman di internal perusahaan untuk selalu melakukan terobosan terobosan baru agar perusahaan selalu eksis dalam melayani pelanggannya. Oleh karenanya do intelijen perlu dilakukan kepada perusahaan lain yang dianggap kompetitor dan hasilnya di share ke seluruh sdm internal perusahaan. Cara ini efektif untuk membangun keresahan di sdm internal untuk melakukan do the best dalam melayani pelanggannya. Selain melakukan intelijen ke perusahaan kompetitor cara lain ad