Semua saya yakin pernah menonton tanding bola baik kelas tarkam sampai kelas dunia.
Kalau diinggris malah main bola sudah semacam agama jika tidak menontonnya bisa masuk neraka, dan bagi yang menontonnya akan masuk surga.
begitu ujar pencinta club bolton yang pernah saya jumpai di london beberapa waktu lalu.
Dalam permainan bola lawan selalu menyerang dari titik lemah yang tidak dikuasai kita untuk berkali kali serangan yang dilakukan.
Jika pelatihnya cepat sadar dia akan mengganti dengan cepat pemain yang menjadi titik lemah di posisi tersebut.
Bagaimana dalam konteks perusahaan?
Pun demikian kompetitor selalu menyerang dari titik lemah yang tidak kita kuasai.
Mengapa ada 2 perusahaan dengan layanan yang sama yang satu banyak pengunjungnya dan yang satu sepi pengunjungnya?
Karena banyak faktor tentunya, jika dilihat dari contoh rumah sakit misalnya pasien yang datang ketika datang ke poliklinik hanya ingin 2 hal cepat ketemu dokter dan dapat obat lalu pulang.
Layanan yang lebih baik dan lebih cepat menjadi TITIK LEMAH banyak rumah sakit untuk menghadirkannya.
Jika kita bandingkan respon antara Rumah Sakit A dan B menghadapi permasalahan diatas kita akan melihat perbedannya.
Rumah sakit A meresponnya dengan memperbaiki layanan di poliklinik yang melibatkan para pihak yang terlibat untuk bersinergi menghadirkan layanan yang lebih baik dan cepat.
Oleh karenanya Rumah sakit A menjadi pilihan banyak pasien untuk berkunjung. Semakin banyak pasien loyal semakin pertumbuhan akan cepat meningkat karena loyal customer sejatinya marketing gratisnya rumah sakit.
Disisi lain Rumah Sakit B tidak berhasil memperbaiki kecepatan karena tidak berhasil membangun SINERGI dari ENERGI yang dimiliki oleh para pihak yang terlibat.
Malah sibuk main KAGET KAGETAN dan CUBIT CUBITAN dan terpesona melihat rumah sakit A ramai pasiennya.
Sejatinya mengapa pasien lari ke TETANGGA SEBELAH pada dasarnya karena menurut penelitian 68% dipengaruhi oleh faktor internal perusahaan yang tidak mampu membuat ENERGI yang dimiliki Untuk BERSINERGI menghadirkan pelayanan yang lebih BAIK dan CEPAT yang dibutuhkan oleh pasien.
Ayo berubah ayo keluarkan ENERGI masing masing untuk ber SINERGI untuk pelayanan yang lebih baik dan cepat untuk memenuhi ekspetasi pelanggan.
Bukannya malah asik menjadi RAJA RAJA KECIL di dalam Perusahaan.
Dapatkan INSPIRASI Lainnya hanya dibuku TURBULENSI JAMAN NOW katapakNAW
Komentar
Posting Komentar